Tips Menghadapi Ujian Nasional

Studia >>> Hlm 2, Edisi 08/Apr'09

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Sobat, UN sudah hampir dekat, kali ini On-R ingin memberikan tips buat semua sobat On-R. Baca dan simak ya!

Pertama, keimanan dan keyakinan. Ini adalah hal pertama dan utama, sangat penting. Sebab keimanan dan keyakinan inilah yang menjadi pondasi kita tetap semangat terus belajar. Kalo kita beriman dan yakin kepada Allah, insya Allah amal ibadah belajar kita tidak akan sia-sia, soalnya menuntut ilmu itu kan wajib dan mendapatkan pahala lho.

Kedua, niatkan semuanya karena Allah. Karena semua yang menentukan apakah kita akan berhasil atau tidak hanya Allah semata. Sekalipun kita sang juara kelas belum tentu kita bisa lulus UN. Sebagai contoh, mungkin pernah mendengar berita ada anak yang pintar di sekolahnya mendapat peringkat satu tidak lulus atau ada satu sekolahan yang tidak lulus sama sekali. Oleh karena itu, kita harus niatkan semuanya LIllahi ta’ala dan ikhlas hanya kepada Allah Swt.

Ketiga, ikhtiar/berusaha. Caranya:

  1. Planning (Persiapan): ini penting bagi kita untuk mulai belajar. Kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk belajar atau soal-soal sebagai latihan menghadapi UN. Biar kita siap belajar tanpa bingung harus berbuat apa. Misalnya beli buku UN, mencari bahan dan soal di internet atau mengumpulkan buku catatan dari kelas 7 sampai 9, dsb.
  2. Buat dan atur jadwal: ini harus bisa seefektif mungkin dibuat dan diaturnya. Karena kalo nggak bisa, kita bingung ingin melakukan apa. Terkadang sekolah ngasih tugas bejibun yang harus menghabiskan waktu belajar di rumah, apalagi tugasnya berkelompok harus ke rumah temen dulu atau harus ke internet buat bikin makalah. Bahkan sampai harus begadang hanya untuk mengerjakan tugas dari sekolah. Ditambah lagi harus ikut PM di sekolah, bimbel di luar, ulangan yang kadang-kadang mendadak. Belum lagi belajar di rumah banyak tantangannya tuh, harus jaga ade, jaga warung, wartel, de el el. Alamat repot tuh kalo kita nggak bisa ngatur. So, daripada pusing-pusing nggak jelas mendingan buat schedule dari sekarang mumpung masih ada waktu. Jangan sampai kalo mendekati UN kita baru siap-siap. Wah, bisa kacau tuh.
  3. Jangan pernah nunda-nunda waktu. Ini harus dibuang jauh-jauh dari kepala kita. Makanya penting banget jadwal belajar, kalo perlu jadwalnya ditempelin di dinding kamar besar-besar. Apalagi waktu tidak akan akan berulang dan terus berputar jadi gunakan kesempatan dan waktu luang yang ada. So, jangan sampai terbuang sia-sia.
  4. Fokus, konsentrasi, dan serius. Belajar harus seperti ini, kalo nggak bisa-bisa kita malah ketiduran. Walaupun bisa sambil santai, tapi tetap fokus, konsentrasi dan serius. Agar belajar kita masuk ke otak. Ok!
  5. Lima hal dalam belajar. Baca, pahami, hafalkan, ulang kembali, dan evaluasi klao kita pengen sukses belajar. Dan yang paling penting adalah pahami segala sesuatunya jangan hafalan, karena kalo hafalan kita pasti sering lupa. Tapi kalo kita sudah paham soal apapun yang kita terima insya Allah kita tahu, bahkan kalo ada temen kita yang tanya kita pasti bisa jawab karna kita sudah paham.

Keempat, tawakal dan doa. Kita mesti dekat dengan Allah, sebab hanya Allah yang bisa membukakan pikiran dan hati kita untuk menerima semua ilmu yang kita pelajari. Bangunlah tiap malam untuk tahajud, banyak baca Quran dan berdoa, supaya Allah sayang sama kita.

***

Untuk temen-temen yang sulit bangun malam, ini ada beberapa tips:

  1. Niatkan dari awal mau sebelum tidur atau dari pagi.
  2. Usahakan tidur lebih cepat. Misalnya dari jam 9 malam atau setelah sholat isya. Karena manusia dewasa minimal tidur selama 5 jam, berarti kita bisa bangun jam 2.
  3. Pasang alarm. Kalo kita sulit bangun, kita bisa pasang 1 atau ½ jam sebelum kita ingin bangun. Misalnya kita ingin bangun jam 2, berarti kita pasang alarmnya jam 1 atau ½ 2.
  4. Kalo masih ngantuk tapi udah bangun, paksakan diri kita untuk bangun. Karna kalo nggak dibiasakan kita paksa rasa ngantuk itu, malah nanti kita nggak bakalan sholat malam.
  5. Jangan lupa berdoa sebelum tidur agar kita bisa bangun sholat malam.
  6. Tips tambahan: sikat gigi dan ngambil air wudhu sebelum tidur agar pas bangun bisa fresh dan kita bisa jaga kesehatan kita juga lho.

Selamat mencoba! Good Luck!

0 Responses

Posting Komentar

  • Logo Buletin

    Logo Buletin

    Ayat Qur'an

    Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganyabergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (TQS. Ar-rad [13]: 11) ****************************** Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (TQS. Al-Baqarah [2]: 284) ****************************** Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali." (TQS. Al-Baqarah [2]: 285) ****************************** Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (TQS. Al-Baqarah [2]: 286) ****************************** Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. (TQS. Al Mu'minun [23]: 1-11)

    Saran & Kritik


    ShoutMix chat widget